Revolusi Industri

Revolusi Industri adalah perubahan besar dalam proses produksi dengan menggunakan mesin yang sebelumnya dikerjakan dengan tangan ( tenaga manusia ). Berbagai maca percobaan dan penemuan baru selama sekitar 50 tahun di Inggris.

Akibatnya, fungsi tenaga manusia untuk menggerakan berbagai alat produksi diganti degan mesin yang digerakan dengan tenaga uap air ( mesin uap ). Munculnya berbagai mesin penggerak telah menimbulkan perubahan dalam kualitas dan kuantitas produk, tata kerja industri dan pemasaran. Peruabahan tersebut sangatberpengaruh besarterhadap kehidupan ekonomi, sosialn dan politik.

Revolusi Industri membawa dampak dalam berbagai kehidupan masyarakat, antara lain :


A. Bidang Ekonomi

1. Harga barang murah
Keberadaan mesin menyebabkan produksi berbagaibarang menajdi berlipat ganda dengan biaya produksi yang lebih murah. Hal tersebut berdampak kepada harga barang industri menjadi lebih murah.

2. Upah Buruh Murah
Melimpahnya tenaga buruh di berbagai kota sehingga menyebaban para majikan dengan mudah untuk menentukan upah buruh dengan harga rendah.

3. Munculnya pertentangan antara kaum Buruh ( Proletar ) dan Kaum Majikan ( Borjuis )
Kaum buruh yang memperolah upah yang sangat rendah  bergabung dengan serikat buruh agar bisa menuntut kenaikan gaji.

Pemogokan merupakan senjata utama para buruh sehingga sering terjadi pertentanga antara buuh dan majikan. Oleh sebab itu, munculnya gagasan agar suatu negara saja yang memegang perusahan penting suapaya kepentingan buruh lebih terjamin. Hal tersbut yang mendorong muculnya paham sosialisme.

4. Pelayaran dan Perdagangan Dunia Semakin Maju
Kemajuan teknologi di kapal laut degan menggunakan mesin modern menyebabkan semakin majunya lalu lintas pelayaran.

5. Kapitalisme muda Digantikan Kapitalisme Modern
Kapitalisme merupakan suatu paham ekonomi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan modal ( kapital ) sebanyak mungkin.


Perkembangan kapitalisme bisa dibagi menjadi tiga masa, yakni sebagai berikut:
a. Kapitalisme Kuno
b. Kapitalisme Muda
c. Kapitalisme Modern


Baca juga: Revolusi Perancis


B. Bidang Politik

1. Berkembangnya Imperialisme Modern
Sebelum terjadi revolusi industri, imperialisme ( penjajah ) di motivasi oleh semangat kristenisasi, mengejar kekayaan, dan kejayaan.

Hal tersebut disebut dengan imperialisme kuno. Tapi, setelah terjadi revolusi industri imperialisme didorong oleh kepentingan ekonomi.

2. Berkembangnya paham liberalisme
Pada mulanya liberalisme berkembang di inggris ketika berlangsungnya revolusi Agraria dan Revolusi Industri.

Paham tersebut kemudia berkembang di Eropa daratan. Berbagai partai liberal banyak mempengaruhi berbagai negara Eropa dalam menentukan kebijakan politik serta ekonoi.


C. Bidang Sosial

1. Munculnya urabanisasi secara besar-besaran. Penduduk di berbagai daerah pertanian pindah ke berbagai kota insudtri untuk menjadi buruh pabrik.

2. Berbagai kota industri menjadi penuh dan sesak oleh kaum buruh.

3. Kaum buruh menjadi obyek pemerasan kaum majikan. Kaum buruh hars berkerja 12 jam atau lebih sehari dengan upah yang sangat rendah.

4. Melonjaknya kejahatan
Untuk melupakan kesengsaraan, kaum buruh mencari hiburan dengan melakukan pesta minum-minuman keras sehingga menambah kesengsaraan mereka. Kehidupan yang miskin dan kebiasaan tidak sehat mendorong terjadinya beraneka ragam kejahatan.

Dampaknya, penjara di Inggris penuh dengan para kriminal. Apra tawanan penjara kemudian dibuang ke Amerika dan Kanada. Setelah Amerika memerdekakan diri dari Inggris, para tawanan itu dibuang ke Australia.