Pola Hubungan Internasional

Makna Hubungan Internasional

Apabila suatu negara tidak pernah dan tidak saling membangun hubungan dengan negara yang lain maka, negara tersebut dapat dikucilkan dan diasingkan dari pergaulan bangsa yang ada diseluruh dunia. 

Hal tersebut dapat merugikan seluruh kehidupan bangsa dan masyarakat yang ada didalamnya. Bangsa Indonesia tidak bisa berinteraksi dengan bangsa lain atau sesamanya yang berada di negara lain. 

Selain itu, bisa mengakibatkan buta teradap suat hal yang  telah terjadi di negara lain yang pada hakikatnya adalah suatu sumber pengetahuan untuk seluruh warga.




Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah salah satu jawaban bagi suatu permasalahan yang sedang dihadapi oleh suatu negara. Ketika suatu negara mengalami kekuarangan dalam suatu bidang, contohnya suatu negara mengalami kekurangan tenaga ahli untuk membangun negerinya, maka bisa melalui hubungan internasional negara tersebut bisa mengatasi masalah tersebut dengan meminta bantuan dari neara lain. 

Contoh lain, adalah dengan adanya jalinan kerjasama antara indonesia dengan organisasi ASEAN. Oleh sebab itu, hubungan internasional memiliki kedudukan yang amat sangat penting dalam suatu kehidupan suatu negara yang beradab.


Berhubungan dengan hal tersebut, secara umum hubungan internasional merupakan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi seluruh hubungan yangterjadi dengan melampaui beberapa batas ketatanegaraan. 

Konsepsi dalam hubungan internasioanal oleh para ahli sering sianggap sama atau sering dipersamakan dengan konsepsi politik luar negeri, hubungan luar negeri serta politik internasional. 

Ketiga konsep  tersebut sebenarna mempunyai makna yang slaingberbeda antara satu dengan yang lainnya, akan tetapi juga memiliki persamaan ang cukup mendasar dalam hal ruang lingkup yang sama-sama melampaui beberapa batas negara yaitu ( lingkup internasional ).

Lebih jelasnya, pengertian dari ketiga konsep tersebut antara lain sebagai berikut ini :

  1. Politik Luar Negeri, merupakan seperangkat cara yangharus dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain, dengan memiliki tujuan untuk tercapainnya tujuan suatu negara serta kepentingan nasional negara yang berkaitan.
  2. Hubungan Luar Negeri, merupakan keseluruhan hubungan yang telah dijalankan oleh suatu negara dengan seluruh pihak yang tidak tunduk pada suatu kedaulatan.
  3. Politik Internasional, merupakan politik antar negara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau seluruh negara, serta proses interaksi antar negara maupun antar negara dengan organisasi internasional.



Simak juga: Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara


Komponen dalam Hubungan Internasional

Beberapa Komponen yang wajib dimiliki atau yang harus ada dalam suatu hubungan internasional antara lain sebagai berikut :

  1. Politik internasional atau ( international politics ).
  2. Studi mengenai peristiwa internasional atau ( the study of foreign affair ).
  3. Hukum internasional atau ( international law ).
  4. Organisasi Administrasi Internasional atau ( international organiziation of administration ).