Pengertian Kelangkaan

Kata kelangkaan tidak harus selalu berarti bahwa barang atau jasa mutlak dalam jumlah yang sedikit. Kelangkaan dapat diartikan sebagai berikut.
1.      Barang atau jasa yang tersedia tidak dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh anggota masyarakat
2.      Untuk memperoleh barang atau jasa tersebut diperlukan suatu pengorbanan.

Kelangkaan atau scarity dalam ilmu ekonomi merupakan suatu pengertian yang relatif. Kelangkaan merupakan situasi atau suatu keadaan di mana jumlah sumber daya yang ada dirasakan kurang atau tidak cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Keterbatasan dalam sumber daya, menyebabkan manusia perlu mencari cara yang terbaik untuk mengelola sumber daya tersebut.


Pengelolaan sumber daya perlu dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas. Mencari suatu cara yang terbaik dalam mengelola semua sumber daya yang dimiliki berarti manusia harus memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa barang dan jasa merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa, diperlukan sumber daya. Sumber daya tersebut yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal atau capital. Masing – masing sumber daya tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.      Sumber daya alam
Sumber daya alam yang disediakan secara Cuma – Cuma oleh alam, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Jumlah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia yang sangt banyak, yaitu
a.       Tanah dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, keperluan tersebut antara lain untuk lahan pertanian, tempat mengembala ternak, dan berkebun; tanah juga diperlukan sebagai tempat untuk mendirikan pabrik, toko, restoran, dan tempat tinggal; tanah juga diperlukan untuk membangun sarana transportasi, antara lain jalan dan jembatan; dan tanah juga dapat dibuat menjadi suatu taman hiburan yang indah.
b.      Barang tambang atau mineral yaitu kekayaan alam yang terdapat di bumi.
c.       Air, seperti air laut, air sungai, dan air danau, diperlukan untuk makhluk hidup dan air juga dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan tempat rekreasi.
d.      Hutan dan segala isinya yang berperan besar untuk kelestarian hidup manusia.
e.       Udara dan sinar matahari yang memiliki arti penting bagi manusia.
2.      Sumber daya manusia
3.      Sumber daya modal
Sumber daya modal diperlukan untuk menghasilkan berbagai macam barang dan jasa secara cepat dan efisien.

Terbatasnya dari sumber daya yang dimiliki merupakan sumber masalah munculnya kelangkaan yang dihadapi oleh manusia. Sumber daya yang tersedia dan yang bisa digunakan untuk penggunaan secara alternatif membuat manusia dihadapkan pada berbagai jenis pilihan. Untuk menentukan suatu pilihan, manusia dapat menggunakan alternatif, sebagai berikut.
1.      Biaya alternatif atau opportunity cost
Biaya alternatif atau opportunity cost yaitu hilangnya manfaat yang akan diperoleh dari dikorbankannya penggunaan sumber daya untuk alternatif yang terbaik.
2.      Opportunity cost dalam kegiatan ekonomi
Kegiatan produksi dapat berlangsung jika tersedia faktor produksi. Namun, produsen menghadapi sutu keterbatasan jumlah faktor produksi yang dimiliki. Meskipun mengalami keterbatasan, faktor produksi tetap dapat digunakan secara alternatif.
Dengan kondisi yang demikian, produsen harus membuat pilihan dalam penggunaannya. Pada saat produsen telah memilih suatu alternatis, dengan sendirinya laternatif lainnya tidak mungkin dipilih. Dipilihnya suatu alternatif tertentu dengan sendirinya, menimbulkan opportunity cost berupa manfaat yang hilang, yang disebabkan oleh alternatif lain batal untuk dipilih.