Tata Cara Pengetikan Surat Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style)

Panduan Mengetik Surat Bentuk Lurus Penuh


Pengetahuan dan keterampilan untuk mengetik adalah hal yang sangat penting serta sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Pekerjaan mengetik yang dimaksud adalah pekerjaan tentang bagaimana cara mengetik yang baik, yang sebetulnya memerlukan keterampilan khusus agar dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.

Salah satu keterampilan yang diperlukan seorang karyawan untuk melakukan pekerjaan mengetik adalah adalah pengetikan surat bentuk lurus penuh atau full block style. Surat bentuk lurus penuh yakni bentuk surat yang pengetikannya semua dimulai pada pasak garis pinggir kiri.

Pada bentuk surat lurus penuh, tanggal dan salam penutup juga diketik mulai dari pasak garis pinggir kiri. Dengan demikian, bentuk surat full block style ini adalah bentuk yang paling mudah untuk diketik.



Dalam pengetikan surat bentuk lurus penuh, ada beberapa panduan atau tata cara yang perlu diperhatikan. Berikut adalah tata cara pengetikan surat bentuk lurus penuh atau full block style :
1.      Jarak baris adalah satu
2.      Pasak garis pinggir kiri 20 dan kanan 80 (elite) atau 15 dan 75 (pica)
3.      Inisial diketik dari pasak garis pinggir kiri setelah kait ditarik 10 kali dari pinggir kertas sebelah atas
4.      Kota dan tanggal diketik mulai dari pasak garis pinggir sebelah kiri setelah dikati 2 kali dari inisial
5.      Setelah kait ditarik 6 kali diketik alamat dalam
6.      Untuk mengetik kata pembuka, kait 4 kali dari alamat dalam
7.      Setelah kait ditarik 2 kali dari kata pembuka, ketiklah isi surat
8.      Tiap – tiap penggantian alinea kait ditarik 2 kali
9.      Salam penutup, diketik mulai dari pinggir sebelah kiri setelah kait ditarik 2 kali kalau isi surat selesai diketik
10.  Pengirim diketik di bawah salam penutup dengan huruf besar semua setelah setelah kait ditarik 2 kali (Nama perusahaan / lembaga)
11.  Nama dan jabatan diketik mulai dari pasak garis di pingggir sebelah kiri setelah kait ditarik 4 kali. Bila terdapat lampiran, maka perlu ditarik kait 2 kali, terus diketik kata lampuran yang diikuti oleh titik dua.
12.  Amplop untuk model surat ini diketik dalam bentuk lurus dengan jarak baris 1, diketik setelah ditentukan titik tengah pada amplopnya.
13.  Untuk menentukan titik tengah amplop, jangan sekali – sekali dilipat. Karena hal ini dapat dibuat dengan menggunakan pensil, atau menggunakan skala pada mistar.